Saturday, February 25, 2012

성균관 스캔들 / Sungkyunkwan Scandal (2010)

More info: here.

Dulu sih gw bener-bener ga tertarik buat nonton drama ini berhubung ini kelihatannya kayak drama-drama kerajaan Korea yang orang-orangnya kalau ngomong pake kata-kata super panjang dan ngomongnya bener-bener lambat dan sopannya kebangetan. Intinya sih, gw cukup males nonton film yang setting-nya di kerajaan gitu. Selain itu, gw pikir, nih film kayaknya biasa banget, tentang cewe yang dandan jadi cowo dan masuk ke sekolah yang isinya cuma cowo.

Gw murni nonton nih drama cuma gara-gara nonton Punch aka Wandeukyi, berhubung yang jadi tokoh utama di film itu pernah main di drama ini (Yoo Ah In). Dan ternyata, ada si cakep Park Min Young yang main di film Man of Honor dan si Song Joong Ki yang dulu ada di Running Man

Ternyata setelah gw nonton, meskipun menurut gw nih drama tetap 'biasa' aja, gw lumayan suka sama nih drama. 

Di drama ini ada 4 tokoh utama:
  • Micky Yoochun sebagai Lee Sun Joon
Meskipun dia tokoh 'utama' yang akhirnya jadian sama si Yoon Hee, gw kurang suka tokoh ini. Dia terlalu kaku dan taat banget sama peraturan-peraturan yang ada, menurut gw, lebai banget aja kalau orang sampai sebegitunya. 
Tapi sisi positifnya, yang gw salut dari tokoh ini, dia bener-bener mempertahankan apa yang menurut dia benar dan dia ga ngebohongin diri dia dengan melawan apa yang dia rasain. Hal itu berarti, dia harus mengakui bahwa dia suka sama 'cowo' dan membuat dia sebagai homoseksual (hal yang tabu di masa itu).
Dari hal itu, drama ini nunjukin bahwa 'cinta' itu tentang apa yang seseorang rasakan, bukan apa yang seseorang 'lihat'.

  • Park Min Young sebagai Kim Yoon Hee sebagai Kim Yoon Shik
Seperti biasa, si cakep Min Young selalu cakep dan ngebawain peran dia dengan oke.
Awalnya sih, gw ngerasa kalau dia masih kelihatan kayak cewe banget pas dandan jadi cowo (mengingat anatomi tubuh/bagian dada wanita yang berbeda dari pria), tapi kayaknya setelah episode 4 atau 5, yang ngedandanin dia sadar akan hal itu dan membuat bagian 'itu' lebih rata entah pake baju lebih tebal atau lebih longgar atau pake editan computer atau entahlah.
Selain itu, dari pertama, emang udah ditegasin bahwa semua orang udah menganggap kalau 'cowo' ini emang bermuka cewe alias pretty boy. Jadinya, penampilan tokoh cewe yang dandan jadi cowo ini kelihatan lebih wajar daripada di drama lainnya.
Tokoh ini bener-bener gigih dalam menghidupi nyokap dan adik yang sakit-sakitan. Untungnya, dia adalah cewe yang cerdas, mengingat bahwa dia suka belajar, meskipun di zaman itu, ga lazim kalau cewe belajar dan jadi secerdas itu.

  • Song Joong Ki sebagai Goo Yong Ha
Jujur aja, dari pertama lihat Joong Ki di Running Man, ga tahu kenapa, gw kurang suka sama dia dan gw pikir, dia cuma cowo 'cantik' yang 'biasa' aja. Tapi ternyata pas gw lihat dia di drama ini, gw cukup sadar bahwa dia lumayan oke ngebawain peran dia.
Tokoh ini adalah tokoh playboy tajir yang 'ga terikat' sama siapapun sampai akhirnya dia ketemu sama 3 tokoh utama lainnya dan jadi teman seperjuangan mereka. 
Ada satu quote dari tokoh ini yang gw suka banget (pas si Sun Joon nanya soal suka sama sesama lelaki), kira-kira kayak gini: 'Jika membenci seseorang itu adalah dosa, mungkinkah menyukai seseorang itu salah(?)'.

  • Yoo Ah In sebagai Moon Jae Shin
Tokoh ini adalah tokoh anak 'bandel' yang pengen ngebalas kematian kakaknya dan mencari keadilan. Dia selalu nuduh kalau bokapnya ga ngerasain apa yang dia rasain tentang kematian kakaknya, tapi ternyata bokapnya ga kayak gitu. Dari sono sih, kelihatan bahwa seseorang ga boleh ngasih tuduhan sembarangan dan terkadang, kita cuma harus naruh rasa 'percaya' tanpa ngeraguin hal itu lagi. 
Gw sih lebih pengen si Yoon Hee jadian sama Jae Shin daripada sama si Sun Joon, berhubung si Jae Shin kelihatan lebih 'manusia', oke dan perhatian. 


Overall, tentang film ini:
  • bisa dibilang kalau film ini penuh sama cowo (termasuk si Yoon Hee yang tampil sebagai Yoon Shik). Emang ada beberapa cewe yang terlibat, tapi cuma peran-peran 'sampingan'.
  • Menurut gw, akhir dari drama ini kayaknya ga banget dan gw juga ga gitu ngerti soal masalah yang si tua-tua permasalahin (menteri-menteri dan raja selalu ngejar-ngejar Geum Deung Ji Sa), tapi diluar semua itu, yang main di drama ini bener-bener oke-oke banget dan ceritanya ga buruk.
Meskipun 'biasa aja', drama ini oke banget sih buat ngelewatin waktu dan banyak yang bisa kita ambil dari drama ini.

=)
SVialli
[13.30]
[6 - 25/02/12]

No comments:

Post a Comment